tanda tanda kehamilan
Tanda-tanda Kehamilan

Tanda-tanda kehamilan adalah moment-moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh wanita yang ingin sekali hamil. Akan tetapi tidak sedikit pasangan suami istri yang masih belum mengenal betul bagaimana tanda-tanda kehamilan itu terjadi. Mereka pun terkadang bingung dalam membedakan mana tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) yang sebenarnya dengan  tanda menstruasi, karena terkadang tanda-tanda kehamilan mirip dengan tanda akan menstruasi. Bahayanya lagi, ketidaktahuan mengenai hal ini  juga menyebabkan beberapa kasus terjadinya keguguran (miscarriage). Inilah pentingnya Anda mengetahui tanda-tanda kehamilan dari sekarang. Silahkan baca sampai habis.

Kesalahpahaman tersebut terjadi karena sering dilakukannya aktivitas mengonsumsi makanan yang dilarang selama kehamilan. Efek ketidak tahuan terhadap tanda-tanda kehamilan pun menyebabkan ketidaksiapan suami istri dalam menyambut kehamilan.

Disisi lain, terdapat banyak kasus suami istri yang stress karena tanda-tanda kehamilan yang telah diklaimnya ternyata hasilnya negatif. Bayangan akan kehamilan dan buah hati yang akan hadiryang mereka tunggu akhirnya menjadi sirna. Bayangan dan dambaan kehamilan yang mereka tunggu pupus sudah. Apakah Anda mau seperti itu? Tentunya tidak bukan?

Kebanyakan para istri menilai bahwa tanda-tanda kehamilan hanya dilihat dari terlambatnya menstruasi. Ya, itu adalah salah satu tanda-tanda kehamilan. Namun, hal itu tidak muncul sebagai tanda hamil saja, banyak hal yang mempengaruhinya seperti pola makan, stress, kecapaian, adanya gangguan hormonal, dan sebagainya.

Tanda-tanda Kehamilan pada Wanita

Untuk lebih memperjelas lagi mengenai tanda-tanda kehamilan yang harus Anda ketahui sebelum suatu hal yang tidak diinginkan terjadi seperti keguguran, silahkan perhatikan hal-hal dibawah ini dengan baik:

Perubahan Pada Bentuk Payudara

Payudara Anda akan membesar jika terjadi kehamilan karena meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Payudara pun terasa makin lembut, sehingga rasa sensitif pun meningkat, akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang.

Puting susu pun membesar dan warnanya menjadi hitam, terkadang terasa gatal. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan pemerah puting yang bisa Anda dapatkan disini. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara.

Selanjutnya akan terjadi aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon tersebut diproduksi tubuh ketika kehamilan untuk mempersiapkan ASI.

Muncul Bercak Darah atau flek dan kram perut

Bercak darah (flek) muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Flek ini muncul karena implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya flek saat hamil kadang disalah artikan sebagai menstruasi, padalah bukan.

Flek pun biasanya diikuti dengan kram perut. Kram perut pada saat hamil akan terjadi secara teratur dan akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Mual-mual dan muntah (Morning sicknes)

Inilah tanda-tanda kehamilan yang paling umum dialami. Mual dan muntah biasanya terjadi di pagi hari. Akan tetapi, mual dan muntah pun bisa terjadi pada siang dan malam hari. Bahkan hanya mencium aroma atau wewangian menyengat hal ini bisa terjadi.

Penyebabnya adalah peningkatan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba dalam aliran darah dan saluran air kencing. Inilah mengapa alat test pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal itu dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut.

Efek dari peningkatan hormon ini adalah akan terasa pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Namun mual ini menghilang saat memasuki kehamilan trimester kedua. Jika mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya Anda periksa ke dokter kehamilan agar lebih jelas penyebabnya, sebelum terlambat.

Tanda-tanda Kehamilan Lainnya

Selain tanda-tanda kehamilan yang sering muncul seperti yang disebutkan diatas, Anda harus memperhatikan tanda hamil seperti dibawah ini:

  • Sering kencing/buang air kecil (Frequent Urination)
  • Pusing dan sakit kepala (Headaches)
  • Rasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)
  • Sembelit
  • Sering meludah (hipersalivasi)
  • Naiknya temperatur basal tubuh

Tanda-tanda kehamilan (pregnancy symptoms) yang kami sebutkan diatas bersifat pribadi, artinya tidak semua perempuan memiliki tanda-tanda seperti itu, bervariasi, namun ada pula wanita yang tidak memiliki keluhan apapun.

Agar lebih memastikan, tes kehamilan (pregnancy test ) harus dilakukan, baik dengan test pack atau tes darah di laboratorium dengan dokter Ahli.

Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan tentang tanda-tanda kehamilan dan persiapan kepada Anda dalam mendapatkan buah hati.


Sumber: bidanku.com
Artikel: motivasikehamilan.blogspot.com
gambar: google.com